Nama buah yang ada di dusun tanggulangin

1. Buah cermai
Tanggulangin : Cerme
Buah ini memiliki rasa sepat masam, dan buah ini juga bisa digunakan untuk membuat manisan, kamu hanya perlu merebusnya dan kasih gula.

2. Buah jamblang
Tanggulangin : Juwet
Sama seperti buah cermai, buah ini juga memiliki rasa sepat masam, kamu bisa memilih yang berwarna ungu-ungu kehitaman karena biasanya yang berwarna seperti itu adalah buah yang sudah masak.

3. Buah kersen
Tanggulangin : Keres ( bukan keris )
Buah ini memiliki rasa manis jika masak buahnya, saya suka buahnya tapi tidak suka dengan daunnya, daunnya sedikit lengket, itu sangat menyebalkan jika daunnya menempel di baju, jika dia bisa berbicara mungkin dia akan berkata : "Hei aku ingin ikut denganmu".

4. Buah srikaya
Tanggulangin : Menungo
Buah ini memiliki rasa manis, tiada yang menyebalkan dari buah ini selain bijinya, ketika mulai memakan buahnya dan kamu mulai sadar bahwa kamu harus membuang bijinya.

5. Buah ceplukan
Tanggulangin : Cipluk'an
Buah ini biasanya tumbuh liar di sawah.

6. Buah sawo
Tanggulangin : Sawo

7. Buah mengkudu
Tanggulangin : Mengkudu atau kudu
Buah ini punya aroma khas, tapi saya tidak menjamin kamu akan memakan buah ini, saya sendiri tidak terlalu suka dengan buah ini.

8. Buah mahoni
Tanggulangin : Mauni
Aku tidak pernah memakan buah ini, tapi kata orang buah ini rasanya pahit , dulu digunakan untuk nyape bayi, nyape itu kira-kira seperti memaksa bayi untuk tidak menyusu lagi ketika dia sudah di anggap sudah besar tapi masih balita, cara menggunakanya dengan mengoleskan buah itu di puting payudara si ibu, jadi ketika dia menyusu dia akan merasakan rasa pahit dan tidak akan menyusu lagi, untuk cara menggunakan buahnya untuk nyape saya tidak berani bertaruh atas kebenarannya.

9. Buah sirsak
Tanggulangin : mores

10. Buah nangka
Tanggulangin : Nongko

11. Buah mangga
Tanggulangin : Poh dan Pencet
Ada 3 jenis mangga yang saya tahu
Poh manalagi
Poh gadong
Poh seret

12. Buah jambu
Tanggulangin : Jambu
Jenis jambu yang ada
Jambu mente
Jambu klampok
Jambu klotok

13. Buah kelapa
Tanggulangin : kelopo

14. Buah jeruk
Tanggulangin : jerok
Untuk ukuran buah nya tidak terlalu besar seperti umumnya, dan ada juga jeruk nipis.

15. Buah pisang
Tanggulangin : Gedang
Jenis pisang yang saya tahu
Gedang brentel
Gedang sobo ( sobo nongko, sobo jakarta),
Gedang sungu
Gedang rojo
Gedang klotok
Mungkin masih banyak lagi jenis-jenis pisang yang ada di tanggulangin, dan hanya itu yang saya tahu karena saya menanam sebagian jenis pisang  itu di belakang rumah hehe.

16. Buah pepaya
Tanggulangin : Kates

Dan untuk buah-buah yang di tanam di sawah
1. Blewah / garbis
2. Semangka
3. Melon

Sementara salak mantan( buah kecil yang tumbuh liar) tidak saya masukan karena tidak ada informasi tentang buah tersebut, ada juga yang bilang itu makanan ular, tapi saya juga pernah makan dan rasanya manis.

Untuk bengkowang tidak juga saya tulis karena dia masuk ke jenis umbi-umbian.

Dan ada juga yang menanam buah naga, salak, anggur, kurma, nanas tapi entah dia bisa berbuah apa tidak di tanggulangin.

Buah yang paling saya suka : Mangga
Buah yang tidak saya suka   : Mahoni dan mengkudu
Buah yang pernah saya tanam : Cermai, nangka, mangga, jambu, srikaya, pisang dan pepaya.

Dari buah diatas buah apa yang paling kalian suka dan yang tidak suka, serta buah apa yang pernah kamu tanam ??
Tulis di kolom komentar.

Punya ide untuk membuat sebuah artikel tentang dusun tanggulangin ?  Bagi ide kamu melalaui email ini : rahmadsyaifullahalfikri@gmail.com

Penulis : Rahmad syaifullah alfikri

Comments

Popular posts from this blog

Lirik lagu kebelet 2

38 kosa kata bahasa jawa halus yang sering diucapkan